usaha franchise

Simak Kelebihan dan Kekurangan Usaha Franchise Ini Sebelum Anda Memulai

Salah satu tren bisnis yang berjalan saat ini adalah usaha franchise yang seringkali dianggap mudah untuk dijalankan dan bisa menghasilkan banyak keuntungan dengan praktis. Namun demikian, tidak jarang pula ada yang belum sepenuhnya paham mengenai bagaimana bisnis ini akan dijalankan. Oleh karena itu, posting kali ini akan mengungkap mengenai sebenarnya apa bisnis franchise itu dan bagaimana kelebihan serta kekurangan dari jenis usaha ini. Hal ini penting untuk diperhatikan supaya Anda yang berencana membangun usaha waralaba bisa semakin mengerti mengenai bagaimana sebenarnya kelebihan dan kekurangan yang ada dari jenis usaha ini. Anda juga bisa menyiapkan strategi lebih lanjut jika memang keputusan untuk menjalankan bisnis franchise sudah matang.

Usaha Franchise Menawarkan Banyak Kemudahan

Franchise yang berasal dari bahasa Prancis ini memang menawarkan banyak kemudahan dan kelebihan tertentu. Usaha ini juga sudah banyak dirintis, sebagai contoh paling praktis Anda bisa melihat bisnis kuliner waralaba di sekitar Anda berupa produk-produk makanan fast-food yang sudah mendunia. Usaha waralaba memiliki ciri dan karakteristik unik, dimana setiap outlet yang ada akan mengusung brand dengan kualitas dan standar yang sama. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha franchise ini:

usaha franchise

  1. Kelebihan Usaha Waralaba

Kelebihan pertama dari jenis usaha ini adalah lebih cepatnya usaha untuk dibuka. Proses pembukaan outlet baru dari waralaba ini bisa semakin cepat terutama bila sudah menemukan lokasi yang strategis. Selain itu, sudah ada sistem yang diterapkan pada usaha waralaba ini sehingga Anda cukup mengadopsi sistem yang sudah ada. Ini tentunya memberikan kemudahan tersendiri. Kelebihan lain yaitu adanya pelatihan khusus yang akan Anda ikuti untuk mengikuti standar dari usaha waralaba yang sudah ada sehingga Anda tinggal menjalankan apa yang sudah menjadi pelatihan tersebut.

  1. Kekurangan Usaha Waralaba

Meski pun mudah untuk dibuka dan dijalankan, kekurangan dari usaha ini adalah adanya kewajiban untuk membayarkan fee royalti dan juga franchise fee. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai hal ini tetapi pada intinya jenis usaha ini mengharuskan Anda membayarkan sejumlah uang sebagai bentuk royalti. Meski bisnis tidak menghasilkan keuntungan, ada bisnis yang tetap mengharuskan pembayaran royalti. Tidak hanya itu, pengawasan juga biasanya dilakukan terus menerus untuk mencapai target yang akan dicapai dari bisnis waralaba.

Itulah sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha waralaba yang memang perlu Anda perhatikan. Terlepas dari hal tersebut, hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah mengenai bagaimana cara menjalankan bisnis untuk waralaba dengan lebih baik. Anda bisa mencari tahu mengenai kiat menjalankan bisnis franchise supaya mendapatkan keuntungan dengan lebih banyak. Tidak ada salahnya bila Anda mencoba merintis usaha franchise sebagai salah satu lahan berbisnis Anda.

Referensi Bisnis : http://kiosusaha.com/